Peluang Usaha Bunga Talang ditengah Pandemi

 


Peluang Usaha Bunga Telang ditengah Pandemi

Bantul (19/04/2021) Wabah Covid-19 di Indonesia berdampak pada sektor perekonomian. Dampak dari virus Covid-19 menjadi permasalahan yang serius untuk kalangan masyarakat menegah kebawah. Dalam situasi seperti ini masyarakat menjadi resah, dikarenakan minimnya pemasukan dan banyaknya pengeluaran. Dampak dari pandemi ini banyak karyawan yang terpaksa harus diPHK atau di rumahkan, hal ini membuat tingkat pengangguran meningkat, terlebih masyarakat desa yang banyak mengantungkan hidupnya disebuah perusahaan atau pabrik.

Dalam situasi saat ini masyarakat harus menemukan jalan keluar untuk tetap melanjutkan hidupnya dan mendapatkan penghasilan. Selama wabah virus Covid-19 masyarakat desa Pleret Bantul Yogyakarta beralih profesi dengan bercocok tanam. Kegiatan ini dilakukan warga masyarakat dengan memanfaatkan lahan yang ada dan pengetahuan yang sangat terbatas. Tanaman yang ditanam bukan tanaman sayur hidroponik atau ubi-ubian melainkan tanaman Bunga Telang.

Bunga Telang menjadi salah satu bunga yang menyimpan banyak khasiat. Bunga Telang ini adalah jenis tanaman yang merambat, bunga telang ini memiliki warna biru keungguan dan memiliki varian berwarna putih, biru, dan pink. Masyarakat memilih tanaman ini untuk peluang usaha karena hasilnya cukup menjanjikan dan banyak peminatnya, baik bunga segar atau yang sudah dikeringkan. Menurut pemilik kebun bunga telang ini banyak manfaat dalam kandungan Bunga Telang.

Salah satu warga memberikan penjelasan terkait alasannya beralih profesi membudidayakan Bunga Telang, ”Saya dulu seorang karyawan pertokoan disalah satu Malioboro, namun saya terkena pengurangan pegawai akibat wabah Corona ini, lalu saya bingung karena harus ada pemasukan untuk menghidupi keluarga saya. Lalu saya mempunyai ide untuk membudidayakan Bunga Telang dan menjualnya di kalangan masyarakat sekitar dan hasilnya lumayan untuk kehidupan sehari-hari” penjelasan bapak Slamet pemilik kebun  Bunga Telang.

Peluang usaha budidaya Bunga Telang ini sangat menjanjikan, tak heran jika budidaya bunga telang ini terbilang mengguntungkan. Banyak masyarakat setempat juga menanam bunga telang ini untuk dikomsumsi, perawatan bunga telang ini termasuk mudah di budidayakan. Masyarakat banyak yang sudah membuktikan kasiat dari bunga telang ini.

Ada salah satu masyarakat yang membuktikan kasiat bunga telang, “Saya mengkonsumsi bunga telang ini sudah lebih dari 1 bulan, dan kasiat yang saya rasakan yaitu badannya lebih enak pegal-pegal hilang kadar gula darah saya derita stabil, dan yang paling membuat saya suka harga bunga telang relatif terjangkau. Saya minum bunga telang ini dengan cara diseduh dengan air panas lalu saya minum saat airnya sudah berubah warna  menjadi keungguan” ujar salah satu peminat bunga telang.

Pelaku bisnis bunga telang dapat meraih keuntungan yang lebih ,selain itu berkebun tidak hanya sekedar untuk mengisi waktu senggag namun terdapat manfaat kesehatan yang lainnya seperti meningkatkan kebugaran. Orang dapat menjalani gaya hidup  aktif ketika sedang melakukan kegiatan fisik. Bunga telang ini dijual sesuai harga pasaran sekitar Rp 9.000 sampai dengan Rp 15.000 namun sering dijual dengan harga yang lebih murah jika yang membutuhkan masyarakat setempat.














Komentar